ADAB KALAK KARO

Banyak sekali saat ini kita temui, masyarakat Karo yang kurang mengetahui tata cara adab sehari-hari dalam sukunya (terutama kaum muda) yang lahir di tanah perantauan... untuk itulah tulisan ini kami ketengahkan, sekedar membantu sebisa yang kami ketahui... Bagi yang tinggal di tanah karo tulisan ini nantinya mungkin membosankan.. jadi sentabi kami sena/ impal... sada ilmu sada perguruan... kami ndarami beras segantang nge ngenca enda... heheheh....

Mejuah-juah....

Bagian Pertama

1.Adab eruis

Enda pedah-pedah man kita kerina, terutama man bandu turang ras impal kami sidiberu (labo perbahan perbedaan gender), adi kita diberu, kalak karo. Lit aturen-aturen er uis si harus iperhatiken, adi banci idalanken adi labanci dayaken uisndu... heheh...

Bas kita kalak Karo adab ras sopan santun merupaken hal yang harus iutamaken, bas kesempaten enda, adab er uis lebe i ketengahken kami.

- uis si metunggung man singuda-nguda kalak karo, rok/ seluar (situhuna seluar temasuk si ipandangi orang-orang tuanta). Adi rok, usahaken rok gedang, adi seluar pe seluar gedang, adi lalit sendu nukursa ula pindondu bangku... aku pe lalit senku...! :)

Landasenna:

  1. Cuba siperhatiken pakean adatnta, si diberu make kampuh ngadi tertutup mata nahe. Adi si dilaki make seluar gedang ras kampuh.
  2. Adi kita landek bas guro-guro aron, la metunggung adi kita la pake kampuh (baik si sideberu entah pe sidilaki), biasana adi la make kampuh langsung ipandangi jelma si enterem (“anak isenge si landek la erkampuh ah nake...”) si pastina me labo nge turangku ndai ah.... heheh. Ulapedah guro-guro aron, ngelai saja kita bas kerja-kerja, la make kampuh langsung merusak image. Bisana adi ibas guro-guro aron, si la erkampuh langsung tangani (bapa/ nende aron)

2. Adat Ngerana

Tulisen adat ngerana enda imulai kami cara-cara nggunaken kata-kata sapaaen

Kata-kata sapaen bas kita kalak karo baci ikataken komplet, mari cuba si perinci:

1. “kam/ ndu”

Kata sapan sopan, banci ipake man kerina jelm, ras wajib hukumna make “kam” klo nyapa orang yang lebih tua dari kita.

2. Engko/ mu”

Sapaan kasar, jika kita gunakan untuk menyapa orang yang lebih tua, menggunakan “engko” juga termasuk kasar untuk menyapa lawan jenis. “engko” bisa digunakan untuk menyapa teman sebaya, atau orang yang lebih muda dari kita, dengan syarat strata per-tuturan-nya sama ataupun lebih rendah dari kita.

Sangat tidak sopan menyapa orang yang baru dikenal dengan sapaan “engko/ mu”

3. Agi

Digunakan untuk “ngelebuh” (menyapa) orang yang lebih muda dari kita, dengan syarat; strata per-tuturan adatnya setara (Sembuyak, Senina, Turang, impal, turang senina)

4. Kaka

Digunakan untuk menyapa ornag yang lebih tua dari kita, dengan syarat; strata per-tuturan-nya dalam adat setara.

5. Nande

Dipakai untuk menyapa, memanggil ibu kandung, istri saudara laki-laki ayah “senina bapa” ( seniana sembuyak, senian sembuyak bapa, senian sipemeren)

6. Bapa

Digunakan untuk memanggil ayah kandung, saudara ayah (senina sembuyak, senina sebuyak bapa, senina sipemeren) dan suami dari saudara perempuan ibu.

7. Mama

“Mama” dipakai untuk memanggil/ menyapa soudara laki-laki ibu. Semua sodara laki-laki ibu “turang nande” baik itu turang sembuyak, turang sembuyak bapa, turang, turang sipemeren, semua dipanggil “Mama”. Laki-laki yang sudah menikah juga harus memanggil mertua laki-lakinya dengan “Mama”

Rumus pemakaian:

Mama + urutan lahir (sintua, sintengah, singuda)

Mama tua “Ma tua”

Mama tengah “Ma tengah”

Mama nguda “Ma uda”

8. Mami

Diberu mama (istri dari mama), semua istri mama dipanggil mami.

9. Bibi

‘Turang bapa’ atau saudara perempuan ayah (baik turang sembuyak, turang sembuyak bapa, turang impal),

Smua saudara perempuan dari pihak ibu juga dipanggil bibi (berlaku untuk semua jenis senina)

Wanita yang sudah menikah juga harus memanggil mertuanya dengan sapaan "Bibi"

10. Kila (bengkila)

Dilaki bibi, khusus untuk suami saudara perempuan Ayah (klo suami ‘bibi’ saudara perempuan ibu, itu harus dipanggil dengan sapaan “Bapa”)

11. Nini

“Nini” (biring, ribu, tigan, iting, karo, okup)

Ini digunakan untu meyapa para nenek

Rumus:

Nini + Beru (biring, karo, ribu, tigan, dan iting)

12. Bulang

“Bulang” atau Kakek. Bulang digunakan untuk menyapa semua kakek. Khusus di daerah kecamatan Kutabuluh dan Tigabinanga, kakek bisa juga disapa dengan “Laki”

Pada sapan kakek nenek inilah kita bisa memahami bahwa orang karo sangat menghargai kaum wanita, embel-embel beru (merga silima) hanya dipakai untuk memanggil nenek “Nini”

Ex:

Nini biring (ada dan umum digunakan)

Sedangkan bulang yang bermarga sembiring, ngga pernah dipanggil dengan Bulang Biring” (Abnormal) heheheh....

Sibar em lebe bas kami nari , Bujur melala

Mejuah-juah

Wassalam

Penulis

Saling Follow