Capek Deh....???


Kita takut kehilangan... apakah itu kehilangan harta, benda, dan lainnya.. ada satu pesan Nenek yang paling kuingat sampai saat ini, "ula mbiar latih ngadi karabun wari e, pagi erpagi-pagi gegeh e dum ka ulihi" (Bahasa Karo) kira-kira artinya "jangan pernah takut capek (kehilangan tenaga) sampai sore menjelang, sebab besok pagi tenaga kan pulih seperti semula". pesan ini sangat menyemangati... ketika letih membebani, usahakan ingat " tenaga kita bukan ibarat tenaga batu batrai ABC".

Tenaga batu batrai ABC akan habis pada masanya, bila dapat di recarger-pun tidak sekuat tenaga batrai baru. sangat berbeda dengan Tenaga yang ada di tubuh kita ni, memang pada batas-batas tertentu kita bisa keletihan... seharian nyangkol di ladang, ya pasti capek... tapi tenaga di tubuh kita ini tidak kan habis, sebangun esok pagi tenaga itu kan pulih kembali, bahkan tenaga itu akan lebih baik dari hari sebelumnya.
Perhatikan orang latihan angkat berat...  Semakin banyak berletih-letih (kata kerennya = latihan), semakin kuat tenaga mereka... begitu juga dengan kita yang kesawah... awal-awal kita bisa nyangkol, sehari kita cuma mampu 10 meter persegi, hari berikutnya akan mampu 15 dan berikutnya akan bertambah... bertambah.. dan bertambah... 

Memanfaatkan tanaga itu termasuk bersyukur, semakin baik dan banyak memanfaatkan tenaga,  maka semakin baik dan banyaklah bersyukurnya, semakin banyak bersyukur semakin banyak pula nikmat didapat, yah minimal tenaga kita ditambahkan karena berletih-letih (latihan)... :)   

Mungkin kita berpikir tenaga bisa disimpan, jadi setiap tenaga kita di recarger... kita tabung di badan... bagus juga ide kayak gitu, "nabung tenaga"... tapi aku gak mau lah... sebab energi kalo di tabung bisanya cuman dalam bentuk lamak (tanya guru sains SD, ato guru biologi SMP), klo tabungan tenaga kita membengkak, berti tumpukan lemak juga membengkak, sama aja kan badanku nanti jadi bengkak??? ih... gak mau ah.. kan jelek... susah lagi nyari baju yang pas...

Jadi jangan takut tjapek ya... boleh takut tjapek kalo cuma dibayar  gopek... heheh...

Saling Follow