Manusiakanlah Manusia: Jenazah Osama bin Laden Tidak Diterima

Saudi tidak mau menerima jenazah Osama bin laden


begitulah berita berahirnya osama bin laden yang dikabarkan metro hari ini, dulu ketika seseorang manusia juga meninggal karena bom bunuh diri di sebuah masjid juga tidak diterima oleh warga kampungnya sendiri, sama halnya dengan jenazah beberapa terpidana teroris juga tidak diterima oleh warga kampungya.

mereka menolak jenazah osama, dan beberapa teroris untuk di kuburkan di dekat mereka, entahlah apakan alasan-alasan seperti ini dibenarkan secara akal ataupun ajaran keagamaan.

berdasarkan pengetahuan saya yang sangat sedikit ini, hampir belum pernah saya mendengar Idola saya (rasulullah Muhammad Saw) mengajarkan "hai kaumku tolaklah jenazah si A, si B entahpun itu si Z. yang beliau ajarkan hanyalah memanusiakan manusia... fardhu kifayahlah hukum mengurus jenazah.

Fardhu Kifayah adalah status hukum dari sebuah aktivitas dalam Islam yang wajib dilakukan, namun bila sudah dilakukan oleh muslim yang lain maka kewajiban ini gugur.


jika di satu kampung yang didalamnya ada ummat islam, dimana satu orang muslimpun tak ada yang mau mengurus jenazah tesebut, ^_^' apakah itu bisa disebut telah menjalankan Fadhu Kifayah????

Ini sudah terjadi, dan mungkin akan terjadi lagi dilain waktu... jika tidak menjalankan Fardhu Kifayah, layakkah kita disebut sebagai seorang muslim????

manusiakanlah manusia..... jangankan manusia, bangkai anjing sekalipun sungguh selayaknya untuk dikubur. sebab banyak mudharat ketika bangkai (mayat) dibiarkan saja... (tanya sama dokter atau ahli kesehatan)

jenazah osama bin laden pun tersenyumosama bin laden juga manusia, ketika manusia sudah wafat yang terbaik adalah tidak mengungit-ungkit keburukannya, bukankah begitu ajaran beliau (Muhammad Saw). oleh itu apalah guna menolak sesosok jenazah manusia biasa, untuk dikuburkan?

di metro pilihan berita, terdengar sebuah telpon pemilih berita... sangat setuju jenazah osama bin laden dibuang ke laut, dan si penelpon juga mengaku Islam. alasannya adalah untuk pendidikan... wealah, bukankah dengan membuang jenazah kelaut itu kita memberikan sebuah pendidikan yang buruk??? sebab tidak ada ajaran membuang jenazah ke laut, yang diajarkan agama Islam : "mengurus jenazah selayaknya dan dikuburkan" bukan "buanglah jenazah si A, B, ...Z ke dalam laut".

sebaik-baiknya pendidikan itu tentunya pendidikan yang baik dan benar.

Selamat hari pendidikan nasional

Saling Follow