Bravo Tim Relief Indonesia (KBRI Tokyo): Turut Mengevakuasi 6 orang WNA dari Malaysia, Laos, dan Nepal karena alasan kemanusiaan

Tim Relief KBRI Tokyo dari Fukushima telah mengevakuasi tiga orang WNI yang berada dalam kawasan radius 70 km dari PLTN Fukushima. Tim Relief juga membantu evakuasi 6 orang WNA dari Malaysia, Laos, dan Nepal karena alasan kemanusiaan. Fasilitas listrik masih menyala, namun suasana kota sangat sepi karena banyaknya masyarakat yang telah mengungsi dari wilayah tersebut, yang dikhawatirkan terkena radiasi. Namun, Pemerintah Jepang pada Sabtu malam (12/3) menjelaskan bahwa kerusakan PLTN Fukushima bukanlah disebabkan oleh kebocoran reaktor, tetapi karena kerusakan bangunan pelindung reaktor. Sementara itu, aliran air dan gas masih belum kembali normal. Sejumlah ruas jalan menuju lokasi pengungsian rusak parah dan ditutup aksesnya. Jarak dari Fukushima ke Tokyo sekitar 250 km. Diperkirakan tim evakuasi dan WNI akan tiba di Tokyo sekitar pukul 7 pagi (Senin 14/3.

Sementara itu, tim evakuasi dari Fukushima yang membawa tiga pengungsi WNI sedang dalam perjalanan kembali ke Tokyo dan diperkirakan tiba sekitar pukul 11 di SRIT. Tim melaporkan bahwa tiga WNI yang dievakuasi dalam kondisi baik, demikian pula dengan pengungsi WNA yang turut dievakuasi.

sumber: http://www2.indonesianembassy.jp

Saling Follow