Abbottabad markas al-Qaida

Osama bin Laden memimpin jaringan al-Qaida dari kompleksnya di Pakistan utara, demikian diperkirakan intelijen AS.

Pandangan ini berbeda dengan perkiraan bahwa bin Laden hidup berpindah-pindah, AS sekarang mengatakan rumah Abbottabad adalah pusat komando dan pengawasan.

Setelah penyerangan yang menewaskannya, AS menyebarkan lima video bin Laden menonton TV dan berpidato.

Para pejabat mengatakan dia sangat terlibat dalam pengambilan keputusan al-Qaida.

"Kompleks di Abbottabad ini adalah pusat komando dan pengawasan bagi pemimpin tertinggi al-Qaida dan jelas...bahwa dia bukan hanya pemikir strategi kelompok," kata seorang pejabat yang tidak ingin disebutkan namanya kepada para wartawan di departemen pertahanan AS.

"Dia aktif dalam perencanaan operasi dan keputusan taktis," kata para pejabat.

Lima rekaman, yang suaranya dihilangkan Pentagon, memperlihatkan bin Laden sedang menyaksikan sebuah laporan tentang dirinya di TV dan sejumlah rekaman dirinya berlatih pidato.

osama

Bin Laden terlihat menonton rekaman dirinya di TV

Salah satu video tersebut adalah rekaman yang "lengkap, belum pernah dikeluarkan sebelumnya" menggambarkan sebagai "sebuah pesan kepada warga Amerika," kata pejabat intelijen tersebut.

Rekaman tersebut diperkirakan dibuat antara permulaan bulan Oktober dan permulaan November 2010.

Para pejabat mengatakan perubahan warna jenggot bin Laden, yang dicat hitam saat berpidato dan menjadi beruban ketika menonton dirinya di TV, mengisyaratkan dirinya adalah seseorang yang "sangat menjaga" citranya.

Barang-barang yang ditemukan di kompleks tersebut, yang dilaporkan diantaranya adalah rekaman dijital, audio dan video, disamping tulisan, komputer dan alat perekam, digambarkan sejumlah pejabat sebagai "kumpulan barang teroris senior terbesar yang pernah ditemukan".

Surat-surat pribadi bin Laden dan pihak-pihak lain juga ditemukan disana.

"Barang-barang yang didapat di kompleks tersebut digambarkan sejumlah pejabat sebagai "kumpulan barang teroris senior terbesar yang pernah ditemukan"

Direktur CIA Leon Panetta menyatakan barang-barang yang ditemukan "semakin memastikan betapa pentingnya mengejar bin Laden".

Dalam video pertama, bin Laden terlihat memakai peci putih, kemeja dan jubah emas. Dia berbicara ke kamera, caranya berpidato sama dengan rekaman-rekaman sebelumnya.

Wartawan BBC Jonny Dymond di Washington mengatakan ini adalah film tersebut sama dengan rekaman yang muncul sejak al-Qaida mengeluarkan video pidato bin Laden pada tahun 2007.

Dalam video lainnya, bin Laden terlihat menonton acara TV berbahasa Arab tentang dirinya.

Dia terlihat duduk di lantai menutupi dirinya dengan semacam selimut atau mantel, memegang remote control.

Dia terlihat menonton gambar dirinya dipantulkan ke foto World Trade Center yang terbakar setelah ditabrak pesawat yang disandera.

Tidak terdapat rekaman video yang menempatkan bin Laden di kompleks dimana dirinya dibunuh.

Saling Follow