H5N1 Flu Burung di Sumatera Utara

H5N1 Flu Burung, adalah Virus influensa tipe A memiliki beberapa subtipe yang ditandai adanya Hemagglutinin (H) dan Neuramidase (N). Ada 9 varian H dan 14 varian N. Virus flu burung yang sedang berjangkit saat ini adalah subtipe H5N1 yang memiliki waktu inkubasi selama 3-5 hari. pada tahun 2011 ini telah menyerang di beberapa provinsi di indonesia. Pada bulan January H5N1 Flu Burung mewabah di Kota Padang Sumatera Barat, dan pada Bulan Mey ini H5N1 Flu Burung kembali mewabah di Kabupaten Karo Sumatera Utara.

Desa Bintang Meriah, salah astu desa ditemukannya gejala penyebaran H5N1 Flu Burung. ratusan ayam ditemukan mati mendadak, dengan ciri-ciri persis seperti H5N1 Flu Burung. selama beberapa tahun belakangan ini ternyata Indonesia belum terbebas dari H5N1 Flu Burung. untuk itu diharapkan agar masyarakat dimanapun selalu berhati-hati dan waspada terhadap unggas yang mati mendadak karena bisa jadi H5N1 Flu Burung adalah penyebab kematiannya.

H5N1 Flu Burung ternyata dapat menyebar dengan perantara transportasi kandang (kompos) yang sering dibeli oleh petani untuk kebutuhan bercocok tanam, untuk itu diharapkan pupuk kandang (kompos) dari daerah yang dicurigai mengidap H5N1 Flu Burung, tidak diperjual belikan, untuk menghindari penyebaran H5N1 Flu Burung menjadi lebih luas. begitu juga dengan pakan sisa di kandang yang terinfeksi H5N1 Flu Burung sebaiknya dibuang.

Saling Follow