Mengandung 11 (sebelas) Bulan

Mengandung 11 (sebelas) Bulan, memang kurang logis bila dikaitkan dengan ilmu pengetahuan (mustahil). tapi ini benar-benar kenyataan... Hari ini saya mengunjungi peternak di desa bintang meriah, karena dipanggil untuk memeriksa sapi Mengandung 11 (sebelas) Bulan, dan belum menunjukkan tanda-tanda melahirkan.

pada umumnya usia kandungan pada sapi memang sama dengan manusia ± 9 bulan. Tapi pada beberapa kasus bisa juga kita temukan (dari pengalaman peternak) ada sapi yang mengandung hingga 11 bulan bahkan sampai 1 tahun.

Lamanya usia kandungan sapi kadang dipengaruhi oleh faktor makana dan juga jenis kelamin anak yang akan dilahirkan, jika lebih dari 9 bulan 1 minggu umumnya anak yang dilahirkan adalah sapi jantan. Untuk induk sapi yang baru beranak (anak pertama) juga biasanya akan mengandung lebih dari 9 (sembilan) bulan. juga pada sapi yang mengandung anak kembar umumnya akan mengandung lebih dari 9 bulan.

Namun pada kasus hari ini, sapi yang baru pertama kali mengandung, bahkan sudah pernah beranak sebanyak 5 kali. jadi prediksi saya sapi peternak yang memanggil saya hari ini bakalan melahirkan anak sapi (pedet) kembar... (Mudah-mudahan demikian ...aamiin..)

persiapan untuk menghadapi kelahiran sapi:
  • sapi ditempatkan di tanah (kandang) yang datar
  • Ikat sapi dengan jangkauan tali leher yang cukup panjang
  • Beri makan sapi yang banyak mengandung kalsium (calsium)
  • jangan terbiasa melakukan induksi kelahiran pada sapi (karena itu termasuk menyakiti sapi/ tidak manusiawi deh) klo gak percaya tanya aja sama ibu2 bagaimana rasanya induksi kelahiran.
  • Simpan nomor contact petugas kesehatan hewan di hape :D
  • Jangan panik (hehehh)
Induk sapi baik untuk diIseminasi Buatan kembali ketika umur pedet sudah mencapai 3(tiga) bulan. dengan demikian kita dapat menghasilkan anak sapi hasi Inseminasi Buatan (IB) setahun sekali.


3 comments:

  1. wah... baru tahu aku.... bahwa jenis kelamin bisa juga mempengaruhi lamanya usia kandungan ^___^ seru juga infonya ^^

    ReplyDelete
  2. wah,gak cuma manusia aja yang memerlukan persiapan melahirkan ya...

    ReplyDelete
  3. iya ya....baru tahu juga ane gan....
    posting yg kerenlah....
    emang persalinan apapun tetap hrs di siapkan dg baik ya gan...apalagi persalinan manusia...
    salam kenal n kompak selalu buat semua ya...

    ReplyDelete

Saling Follow