Awas dipatok ayam ????

anak main
Pagi itu, ketika masih memakai seragam SMU ane sarapan di kedai lontong samping sekolah, sembari sarapan ane sempat nguping percakapan antara ibu empunya warung dengan anaknya (bukan percakapan si tapi teriakan).

"bambang bangun ko lagi.... udah mau siang ni, nanti rezkimu dipatuk ayam" teriak ibu si empunya warung, "biar aja mak.... nanti ayamnya kita potong" gitulah jawab si bambang.....


wkwkwkwk.... ane hampir kesedak lontong ndengar jawaban si bambang... tapi klo dipikir-pikir si bambang ada benernya juga tu. klo rejeki kita dipatu ayam maka kita potong aja ayamnya trus digoreng ato dijadiin ayam semur trus di makan deh... kan rejeki kita jadi doble tuh.... heheh...

begitulah tentang cara pengajaran, alangkah baiknya mengajarkan itu dengan cara yang jujur... bolehlah bercanda tapi bercanda yang jujur...

Pada usia dinilah dibentuknya pondasi pemikiran seseorang... menanamkan nilai-nilai kejujuran pada anak di usia dini Insyaallah kejujuran itu akan melekat bagaikan pondasi yang kokoh pada sebuah bangunan.

Terutama kami-kami yang tinggal di pedesaan ini, sungguh banyak mitos yang dipakai untuk mengajarkan anak, contohnya:

  • 'jangan duduk di bantal, nanti pantatnya bisulan' mungkin ini akan lebih baik bila diganti kalo duduk di bantal nanti bantalnya rusak nak.... " (klo bawel juga libas... hahhahah)
  • 'jangan duduk di dalam baskom/ ember nanti kamu jadi pendek' maksudnya sebenarnya biar embernya gak rusak...
  • 'jangan pipis di halaman nanti tangkap polisi' (wah polisi sekarang dah kurang kerjaan kali ya, anak pipis pun ditangkap) maksudnya kan sebenarnya berusaha membiasakan anak buang air di kamar mandi.
Mitos-mitos itu sebenarnya tujuannya baik, tapi alangkah lebih baik jika pengajaran itu dengan kata-kata yang jujur... klo mitos kan dah pasti tuh "boongan semua". satu lagi usahakan mengurangi kata-kata jangan (kalo bisa tak usah dipakai untuk mengajarkan anak).

em... o iya ane bikin tulisan ini atas dasar apa ya??? klo pengalaman, wealah bini aja lom punya gimanaa ada anak... :D. kalo menghindari kata-kata jangan dalam mendidik anak itu ane dapat pas belajar mata kuliah psikologi pendidikan pas ngambil akta IV dahulu kala :)

gamabr diambil dari http://ayahkita.blogspot.com

Saling Follow