BENCI DIA KARENA DIA

Sesuai rencana, Hari ini pengetik di Tarutung, Ibukota Tapanuli Utara, ada yang menarik antara suku Karo dengan suku Batak, menariknya bukan tangan... hehe.. tapi tradisi perseteruan... perseteruan di terminal... perseteruan di pasar (pajak)... dan mungkin banyak lagi. entah mengapa demikian.. orang karo sering sebut batak itu kasar... dan orang batak bilang orang karo tu berbelit-belit dan sering tidak to the point..

Di sudut bumi yang lain, misalnya di Tanah Jawa... akan kita temui juga persepsi bahwa batak (secara umum) itu kasar... bahkan dalam merayupun suara mereka bergemuruh... hahahah.... "memang itu sudah bawaan logat", jadi klo belum terbiasa bisa jantungan... dan orang batak juga akan menganggab orang Jawa itu terlalu lamban..

ciri sabumi cara sadesa, lain burung lain kicaunya... adab membenci (ups... mang ada adab membenci), janganlah membenci dia itu karena dia Asmat, Jawa, Batak, Karo, Minang, Ambon, Bugis, Sunda, Banten, Madura, Dayak, Negro, Aboringin dll, sebab di sisi bumi yang lain, bisa jadi suku kita ini dibenci pula.... dan jika nanti penyakit itu menjadi akut, apakah Dinas Pariwisata masih ada gunanya.. heheh. jika pun anda membencinya... bencilah dia karena dia, bukan karena bangsanya... lagi pula suku bangsa tidak mengangkat drajat di bumi dan 'disana' nanti.

kita diciptakan berbineka bukan untuk saling membenci... iya kan.... tapi untuk saling apa hayoo..... (hayoo.com^_^')

wah tarutung bagus ya... kotanya bersih... jalan2 protokol kayaknya udah disapu sejak subuh tadi...


Saling Follow