Seni Kata Dalam Adat Karo


Suku Karo, salah satu suku di sumatera utara yang memiliki ciri khas pada bahasa. Bahasa Karo sangat berbeda dengan bahasa suku-suku lain yang berasal dari Sumatera Utara.

Tulisan ini khusus kami peruntukkan buat Kita Kalak Karo, yang kurang paham dengan bahasa daerahna sendiri... sekaligus untuk memperkenalkan beberapa tata cara berucap dalam Suku Karo. mana tau.... suatu saat ada diantara kita pembaca ni... yang banyak rezekina, minat jalan-jalan ke Berastagi, trus mo belanja jeruk misalnya... kan dah ada modal bahasa Karo buat tawar menawar harga... heheh... maklum kita yang nulis ni biasa nawar-nawar, bukan karena mau yang murahan tapi karena "Kacek" (kantong cekak)...

Berikut beberapa Kaidah berucap dalam Bahasa Karo:

B. Indonesia

B. Karo

Kamu

Kam

Kau

Engko


'Kamu' sapaan untuk orang kedua tunggal, dan sifat kata ini lebih halus daripada kata 'Kau', contoh:
"Darimana Kamu" akan lebih halus dan sopan daripada berucap "Darimana Kau...!!!!" :)

begitu juga dalam berbahasa Karo, "janari kam" (darimana anda/kamu) akan lebih sopan daripada berucap "Janari engko...!!!" (darimana kau). kata 'kam' ini dipakai bila kita ngobrol dengan orang yang lebih tua dari kita, dan khusus dilaki (laki-laki) menyapa atau ngobrol dengan diberu (wanita) baik lebih tua ataupun muda wajib menggunakan sapaan "Kam". begitulah kita Kalak Karo Menghargai Wanita (Selamat wari Nande man bandu Pernanden/ selamat hari ibu buat seluruh kaum ibu).

Kata 'engko' (kau), dipakai untuk menyapa teman sebaya antar sesama jenis kelamin, sesama laki-laki, sesama perempuan, tidak tau kalo sesama gay ato sesama hermaprodit... heheh. wanita yang umurnya lebih tua boleh memanggil laki-laki dan perempuan yang lebih muda dengan sapaan Engko, tetapi laki-laki tidak dibenarkan mengucapkan engko kepada perempuan, baik lebih muda, sebaya, apalagi lebih tua.

kata ganti kepunyaan dalam bahasa karo:

B. Indonesia

B. Karo

mu

Ndu

mu


"ini bajumu" dalam bahasa Indonesia hanya mengenal satu kata ganti kepunyaan ini, dalam bahsa karo ada dua, yakni ndu dan mu. 'ndu' jauh lebih sopan dari pada 'mu', dan aturan pemakaian kata ganti ini tetap sama seperti Engko dan Kam diatas tadi. contoh:
  • "enda seluarndu" (ini celana kamu) sangat sopan
  • "enda seluarmu" (ini celana kau) sangat kurang ajar jika tidak tepat sasarannya... heheh..
sibar em lebe bas kami nari, enggo ka melawen wari ndai, madat ka kel sitik mata e... gelah tayang-tayang lagia, entah pe kari la terpit-pitken...

wassalam
Mejuah-juah manbanta kerina

*gambar buat kami bas vanpoerba.wordpress.com nari

Saling Follow