JANGAN LEBAY DONG


Tingkah laku adalah seluruh aktifitas yang dilakukan oleh seluruh anggota badan termasuk panca indera. Seluruh kemampuan panca indera untuk beraktivitas (merasa, melihat, mendengar, dll) itu adalah nikmat. Rasanya kita semua setuju kalau itu semua nikmat kan....? trus klo mang setuju, mo diapain nikmat itu? “ya namanya juga nikmat, mo diapain lagi yo rek.... dinikmatin aja terussss... heheh”

“lha... klo dinikmatin terus apa gak bosan tuh??” ops... ada kata “bosan”, nah kata inilih yang akan kita kaitkan dengan judul kali ini... “Bosan adalah salah satu tanda berkurangnya nikmat...” ada yang gak paham maksud tukang ketik...? oke, mari memahami dengan contoh, sebab dengan contoh mudah-mudahan bisa dimengerti... jika sampeyan bosan dengan gurihnya tempe, berarti kenikmatan tempe sudah berkurang bagi sampeyan... “ente bosan dengan wanginya parfum, berarti nikmat aroma sudah berkurang di penciuman anda”, atau “angku bosan jo bini angku, berarti bini amgku ndak nikmat lai doh.... heheh (positif thinking)”.

Coba ibu guru agama SD tanyakan ini pada murid-muridnya, “kalau nikmat sudah berkurang tanda-tanda apakah itu?” mudah-mudahan murid-murid akan menjawab “tanda-tanda kurang bersyukur buk” dan mudah-mudahan mereka tidak akan menjawab, “tanda-tanda kiamat buk” heheh... Jika nikmat sudah terasa hilang maka itulah tanda-tanda tidak bersyukur.

Pasti semua sepakat dengan:

Dan (ingatlah juga), tatkala Tuhanmu memaklumkan: "Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih".(QS. Ibrahim:7).

Syukuri apa yang ada

Hidup adalah anugerah...

Nikmatilah nikmat itu secukupnya dan seperlunya.... sebab itulah cara bersyukur. Jangan berlebihan menikmati yang ada (jangan lebay), ketika kita menikmati sesuatu secara berlebihan maka, tentunya kita akan segera bosan dengan sesuatu itu (nikmat), analoginya: tempe goreng klo dimakan sepotong akan terasa gurihnya, tapi kalau semisal saat itu kita pingin sekali makan tempe, dan langsung ke warung beli tempe goreng sebakul, tempe sebakul kita makan saat itu juga :) bukan nikmat yang akan kita rasakan tapi sakit perut mungkin muntah kali ya... heheheh.., bahkan bisa jadi kita trauma untuk makan tempe. Parfum juga begitu, akan terasa nikmat wanginya jika kita gunakan secukupnya ke pakaian... coba satu botol sekali pakai ke pakaian... jangankan orang lalat pun kan pingsan dekat dengan kita...:).. trus contoh ketiga di atas tadi apa ya....? oh iya... ‘istri’ :) ... kalo ini kita belum tau njelaskannya, apa efeknya kalo berlebihan... sorry belum ada pengalam gan... heheheh...

Ahir kata.... jangan lebay dong... heheh....

Saling Follow